Film Connected: The Power of Six Degree menceritakan tentang manusia di bumi memiliki hubungan dengan manusia lainnya yang terpaut 6 orang. Artinya, dua orang yang tidak saling kenal dapat dihubungan satu sama lain melalui 6 pihak. Pendapat mengenai konsep ini dicetuskan pertama kali oleh penulis cerpen berasal dari Hungaria bernama Frigyes Karinthy.


Film Connected: The Power of Six Degree ini berudrasi 54 menit, sepanjang film ini menceritakan bagaimana 6 milyar manusia di seluruh dunia dapat dan pasti terkoneksi dengan manusia lain diseluruh penjuru dunia. Di awal video ini, untuk membuktikan  teori six of degree dilakukan survei kepada 40 orang. Survei ini dilakukakan dengan menanyakan apakah mereka percaya terhadap tentang teori six of degree. Beberapa orang mengatakan percaya tetapi beberapa orang lainnya tidak, untuk beberapa orang yang mnegatakan tidak menurutnya sangat sulit untuk terkoneksi dengan orang yang dinela melalui 6 orang yang terpisah. Namun sebenarnya, alas an ini tidak menutup kemungkinan untuk mewujudkan teori ini. Hal lainnya yang dapat di kaitkan adalah perkembangan teknologi, sosial media menjadi alasan kuat bahwa teori ini dapat diwujudkan karena sosial media memperlihatkan siapa yang mengikuti dan siapa pengikutnya dari seseorang bahkan Facebook memperlihatkan beberapa teman yang sama.

Beberapa profesor pun menelti teori ini dengan melakukan percobaan bahkan ada yang mengaitkan dari beberapa teori ke teori. Seorang profesor dalam video ini mencari kebenaran atas teori six of degree dengan mengatakan teori ini dapat dideskripsikan dengan rasa cinta dalam film “Romeo an Juliet”. Ia mengatakan dalam kehidupan percintaan pun kita akan merasakan Push and Pull dari masing-masing pasangan itu sendiri, dimana semakin seorang pria mengejar cinta seorang wanita, wanita itu pun semakin menjauhi prianya. Lain hal ketika pria itu sudah menyerah dan pergi, wanita itu merasa kehilangan lalu mencari pria itu kembali. Lalu ada juga beberapa profesor yang mengatakan bahwa koneksi tidak jauh dari perhitungan matematika dan teori-teori sains. Salah satu profesor ada yang mencoba melakukan percobaan pada kehidupan hewan, yaitu kehidupan jangkrik yang hidup berkelompok. Namun sayangnya percobaan ini tidak berhasil, karena tidak mendapatkan hasil yang signifikan. 

Percobaan selanjutnya dilakukan dengan cara mengirimkan surat dari negara asal menuju negara yang di tuju yaitu di Boston dengan tidak menuliskan alamat yang jelas pada saat mengirimkan surat tersebut. Pada awalnya pesan ini di tuju oleh seseorang kepada temannya yang dia kenal dan mendekati pada alamat yang di tuju. Setelah mengirimkan surat tersebut secara acak kepada setiap orang yang mereka kenal, ternyata hasilnya membuktikan bahwa dengan melalui 6 orang yang tidak terhubung surat tersebut dapat sampai di Boston sesuai dengan alamat yang di tuju pada pengiriman awal. 

Kesimpulan dari video ini, dengan adanya penelitian untuk kebenaran teori six of degree dapat diketahui bahwa setiap individu pasti memiliki keterkaitan dengan individu lainnya melalu 6 pihak atau dari 6 orang yang terpaut dan hal inipun tanda disadari oleh individu. Hubungan ini bisa terjadi karena adanya sosial media ataupun komunikasi yang dilakukan antar individu lainnya yang mempunyai koneksi. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk beberapa hal dan dilakukannya dengan tujuan positif.

Sebenarnya sebelumnya teori ini pun sempat dilakukan oleh seorang aktor Hollywood yaiut Kevin Bacon. Kevin melakukan permainan untuk membuktikan siapa saja yang terhubung dengannya di dunia hiburan Hollywood. Setelah permainan ini terkenal Kevin pun mendirikan lembaga yang bernama Sixdegrees.org. Semua orang bisa mengikuti permainan ini untuk membuktikan teori Six Degrees of Separation melalui www.sixdegrees.org

Sumber: Film Connected: The Power Six of Degree