ERA TEKNOLOGI DI MASA DEPAN

Based on youtube video: Future Vision of IT Technology & Our Life Style

Bicara tentang masa depan, berarti membicarakan sesuatu yang akan datang atau identik dengan sesuatu yang diimpikan. Ditambah kemampuan manusia dan keinginannya untuk menjadi lebih baik akan mendorong terjadinya inovasi. Dengan adanya keinginan dan kemampuan tersebut menghadirkan suatu inovasi yang mendorong  manusia untuk menghadapi fenomena tersebut atau mendorong manusia harus beradaptasi.

Saat ini, kita kenali dengan istilah revolusi industri 4.0, dimana salah satu cirinya adalah kemajuan teknologi dan era digitalisasi. Digitalisasi pada industri 4.0 ini memungkinkan keberadaannya terjadi diberbagai sektor dan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia dapat teralihkan oleh teknologi. Dapat dibayangkan jika revolusi yang akan terjadi di industri 5.0 dan seterusnya, sudah tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi akan terus berevolusi dengan kemampuan manusia yang menghasilkan inovasi tanpa batas. 

TREN TERKAIT TEKNOLOGI MASA DEPAN

Melihat fenomena tren teknologi masa kini, sudah banyak sekali perubahan yang dirasakan jika dibandingkan dengan 10 sampai puluhan tahun yang lalu. Manusia perlahan dapat berdaptasi dengan keberadaan digitalisasi saat ini, contoh fenomena yang terjadi disekitar kita adalah fintech (financial technology). Manfaat fintech membuat manusia saat ini beramai-ramai menggunakannya untuk membayar atau membeli sesuatu dengan uang digital dan menabung uang digital. Fenomena ini membuktikan bahwa revolusi dari teknologi dapat diadaptasi dengan cepat oleh manusia dan menekan perkembangan serta kemajuan teknologi di masa depan berdasarkan kebutuhan manusia di masa yang akan datang.

Manusia tidak terlepas dari keinginan dan kebutuhan, adanya teknologi sangat membantu dalam pemenuhan keinginan dan kebutuhan manusia. Teknologi muncul didasarkan pada keinginan dan kebutuhan manusia, jika teknologi pada masa depan dapat membantu kegiatan manusia dan memenuhi kebutuhannya maka dapat dibayangkan jika seluruh aktifitas manusia dapat terdigitalisasi secara otomatis. Pada video yang berjudul Future Vision of IT Technology & Our Life Style, menggambarkan teknologi dan digitalisasi sudah merangkap dengan gaya hidup. Fenomena di video tersebut memberikan gambaran bahwa teknologi yang digunakan bukan kecanggihan dari sebuah smartphone dan komputer, akan tetapi barang-barang yang digunakan sehari-hari bahkan barang-barang yang tidak terduga dapat terdigitalisasi. Contohnya, pintu kaca yang menjadi smartboard, newspaper, dan lain-lain. Keberadaan manusia dimasa depan hanya sebagai pengguna dan sangat sedikit berbicara karena komunikasi dapat dilakukan secara digital dan pemenuhan keinginan serta kebutuhan dapat terpenuhi hanya dengan beberapa detik saja.

Sumber: Future Vision Of IT Technologi & Our Life Style