HaloTeman-teman!

Sebelumnya saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu, Nama saya Firya Nur Alifah dan saya salah satu mahasiswa jurusan MBTI  Telkom University. Ini adalah postingan pertama di blog saya untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Ekonomi di semester 2. Berikut adalah pandangan menurut saya tentang pentingnya mempelajari ekonomi dan sumber yang saya baca dari beberapa artikel di internet.

Sebelum langsung ke poinnya saya akan menjelaskan pengertian, tujuan, dan manfaat dari ekonomi menurut literatur.

Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Karena ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi dan atau distribusi.

Sumber artikel yang saya dapat dari  http://stie-sbi.ac.id blog Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE ) tentang tujuan ilmu ekonomi lainnya seperti berikut:

  • ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan);
  • pemanfaatan uang, tenaga, waktu, dan sebagainya yang berharga;
  • tata kehidupan perekonomian (suatu negara);
  • urusan keuangan rumah tangga (organisasi, negara)

Dan manfaat ilmu ekonomi yang saya dapat dari www.bersosial.com :

  • Setiap manusia pasti berusaha mengatur kebutuhan ekonominya, maka dari itu ilmu ekonomi sangat berperan penting di sektor kebutuhan manusia.
  • Ilmu ekonomi sangat berperan penting bagi suatu daerah, baik daerah kecil maupun besar seperti negara, karena ilmu ini dapat meningkatkan taraf hidup Sumber Daya Manusia.
  • Ilmu ekonomi sangat berperan penting dalam mengatur prinsip kebutuhan pokok sosial / masyarakat.
  • Mempelajari ilmu ekonomi dapat melatih seseorang agar berjiwa Sosial dan bersifat teliti ( cermat ) serta ekonomis.

Berikut pendapat dan pandangan saya tentang: Apa itu ilmu ekonomi? Apa tujuan dari ilmu ekonomi? Mengapa ilmu ekonomi ini sangat penting untuk dipelajari?

Ilmu ekonomi menurut pandangan saya adalah suatu ilmu yang mempelajari perilaku seseorang baik individu ataupun masyarakat dalam mengelola kebutuhan mereka dengan memanfaatkan sumber daya yang terbatas. Mengapa harus belajar ekonomi? Dilihat dari keseluruhan umat manusia di dunia ini masih banyak sekali yang belum memahami konsep ekonomi. Sebagian orang mungkin hanya berfikir bahwa pekerjaan dan uang lah yang menjadi panduan hidupnya untuk memenuhi kelangsungan hidup mereka saat ini. Sebagai mahasiswa, mungkin saya akan sependapat dengan hal itu, tetapi itu menumbuhkan rasa ingin tahu saya tentang ilmu ekonomi itu sendiri, dari beberapa artikel yang saya baca, saya dapat mengambil kesimpulan konsep ekonomi sangatlah penting untuk diterapkan di kehidupan kita, kenapa? Karena secara pengertian yang ada ilmu ekonomi sendiri merupakan sesuatu yang memepelajari perilaku indiviu/masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dengan sumber daya yang ada, artinya walaupun kita sebagai rakyat biasa di negara ini dan tidak mengelola keuangan apapun di pemerintahan tapi setidaknya kita bisa mengatur keuangan sendiri, konsep ekonomi ini cara efektif agar kita bisa mengatur keuangan kita sendiri untuk melangsungkan hidup. Contoh misalnya kita atur pada pola hidup harus punya catatan apa saja kebutuhan untuk bulan ini, berapa biaya yang saya keluarkan dan saya sisakan? dengan kita belajar ekonomi kebutuhan kita dapat disusun/diurutkan bedasarkan tingkat kepentingannya.

Hal lain misalnya inflasi, dari artikel yang saya baca ternyata masih banyak orang yang beranggapan bahwa “inflasi” itu adalah musibah atau keburukan, tapi secara garis besar inflasi itu memang dan akan selalu terjadi dalam kehidupan kita di setiap Negara manapun karena tingginya tingkat permintaan dan penawaran atau karena naiknya biaya produksi pabrik, akan tetapi di Indonesia sendiri  pemerintah sudah memiliki jalan tengah nya untuk mengatasi inflasi yang membuat pertumbuhan ekonomi menjadi kurang baik yaitu dengan mengeluarkannya kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Misalnya contoh inflasi yang wajar sering terjadi di Indonesia  pada saat menjelang hari raya Idul Fitri semua harga pasar naik itu adalah inflasi. Pendidikan ekonomi harus lebih dtingkatkan walaupun kita hanya sebagai rakyat biasa tapi kita bepengetahuan dan  memiliki wawasan yang luas tentang ekonomi dan bisa merinci permasalahan ekonomi yang ada.

Hubungan ekonomi dengan manajemen bisnis

Dalam bidang manajemen bisnis seperti jurusan yang saya ambil saat ini, ekonomi mencakup luas dan sangat berpengaruh didalamnya. Seperti halnya kita akan membangun sebuah perusahaan, konsep ekonomi sangatlah penting apalagi perusahaan itu termasuk perusahaan bisnis yang memperoduksi barang dan jasa. Hal yang diperlukan adalah siapa yang akan mengatur keuangan di dalam perusahaan itu? Di dalam sebuah perusahaan yang mengatur seluruh bagian keuangan ialah di bidang financial yakni Manajemen Keuangan yang dimana akan mengatur pengendalian dan pemanfaatan keuangan di perusahaan yang juga seluruh skill yang mereka miliki adalah tentang keuangan yang termasuk juga dalam bidang ekonomi. Dalam bisnis juga mempunyai hal serupa, contoh sederhananya untuk menghitung elastisitas, berapa profit untunganya, laba ruginya, itu semua dikembangkan menggunakan ilmu ekonomi. Untuk mengelola keuangannya pun serupa yaitu dengan akunting yang dipelajarinya adalah akuntansi dalam bidang ekonomi. Itulah alasan mengapa konsep ekonomi sangatlah dibutuhkan baik dalam perusahaan besar atau perusahaan kecil untuk berkembangnya suatu perusaahan dan tercapainya  tujuan bersama.